Sabtu, 14 September 2013

Welcome to Computer Science! - Part 1

Dan akhirnya ini hari sabtu!   saking jarangnya ketemua hari yang kosong, terharu banget...

Anyway, sejak senin yang lalu, gue udah masuk kuliah, kuliah efektif, jadi belom bisa ngeblog dulu, gomen nee~ ^^

Sebagai seorang mahasiswa yang masuk ke dalam jurusan Computer Science yang notabene tidak tau apa2 tentang programming sebelumnya, everything is very new for me, ditambah lagi matematika, which is matematika gue ga seberapa hebat  so basically, this is something.

Biar bagus, mari kita susun dengan timeline...

Senin

Hari pertama kuliah, hari perdana kuliah! Jam sembilan pagi Malaysia *which is jam 8 Indonesia yang mana itu masih subuh jika ditilik dari waktu Indonesia bagian kamar gue* kuliah udah dimulai, hari diawali dengan bangun telat 30 menit dan somehow agak telat sih, untuk model anak baru ini telat namanya, kalau untuk senior, ini namanya kecepetan * damai niorrr  *


Matkul pertama dibuka dengan "Programming Technique I" pertama kalinya menyentuh programming dan pertama kalinya kuliah yang bukan kuliah umum, excited? banget! tapi semua berubah ketika negara api datang   dosen yang mengajar bernama Encik Jumail, FYI, dosen disini kalau laki2 tapi belum ada titel doktor dipanggil dengan nama sapaan Encik untuk laki2 dan Cik atau Puan untuk perempuan, something new for you? masukin buku catatan! pertemuan selanjutnya kita ulangan! .
Okeh, back ot the topic, INI DOSEN KEREN BANGET, pembawaannya santai tapi berbobot, dan penjelasannya keren banget  . Ga perlu dijelasin lagi kenapa dan bagaimananya, dengan pertemuan pertama yang indah ini, sekilas programming terlihat cerah, dan InsyaAllah akan cerah untuk seterusnya.

Yang namanya hari pertama pasti bakalan ada perkenalan, FYI, disini nama orang pada panjang2 sebab wajib menyertakan nama orang tuanya bagi yang melayu, yang chinese menyertakan nama lengkapnya, tidak seperti di Indonesia yang biasanya menggunakan nama lainnya. Pas perkenalan, gue pusing, nama orang sini kok susah2 kali sih... Back to perkenalan, kelas gue punya nama2 unik, dengan nama panggilan yang lebih unik! Lets see...

"Name siape?" Dosen tanya *ingat, huruf 'e' nya itu 'e' lemah, seperti dalam kata "enam"
"Muhammad Aqeel bla bla bla *gahapal gan" *bacanya Aqil gan*
"Nickname?"
"Chip"

WTF? okeh ini penyalahgunaan nama! dan sayangnya dosen dengerinnya salah, dengernya "Chief"

"So CHIEF, will you be the class president?"
"I hope so"

Dipilih secara langsung dan satu kelas mengiyakan, epic, very epic.

LANJUT!

"Your name?"
"Baseem bla bla bla *gahapal lagi gan" *bacanya Basim
"Nickname?"
"Peace"

Okeh, kelas gue keren! ada lagi yang panggilannya "V", "Cha Cha" "El" dan segala macamnya, LOL, very LOL.

Dan yang paling kasian adalah temen gue yang bernama "Azam" namanya ga masuk ke dalam absen karena ada kesalahan teknis, dengan hal tersebut dia diberi gelas "Inexistence" dan berada dalam perjuangan untuk menunjukkan eksistensinya, FIGHT!

Kelas berakhir pada jam 11 siang...

Lalu kelas kosong sampai jam 3 sore.... IYA! JAM TIGA SORE! kelamaan kali, jadi sempatkan diri untuk melakukan upacara penting, yaitu nyetrika pakaian! bahasa kerennya IRONING! Me Iron Mansta  .

Jam 3 sore tiba dan kelas dilanjutkan di ruang yang lain dengan dosen yang lain, dosen yang ini punya nama "Datin Normal" which means dia adalah istri dari orang yang bertitel "Datuk" dimana ini merupakan gelar kehormatan di Malaysia. Dan efeknya sangat parah terhadap satu kelas.

Satu kelas segan ama dia, gue? jelas ikut lah! Masa' mau di deportasi, kan ga lucu  .

Kelas berjalan dengan ajaib, dimana pertemuan pertama dia bagiin kami semua ke dalam 9 grup dengan tugas presentasi grup, asik, asik banget, dosen yang model gini yang kalau ngajar nyuruh muridnya yang ngajar, anyway, no problem lah buat gue InsyaAllah.

Pulang dari kelas jam 5, FYI, tiap hari gue jalan kaki pergi pulang kampus sebab kalau naik bus justru makin lama sebab banyak berhentinya, gue berada di blok L-13 which is blok L adalah sebuah kumpulan gedung yang disebut "Kolej", iya, pake qalqalah nyebutnya!. Kolej yang bernama Kolej Tun Husein Onn, nama orang hebat di Malaysia gitu. dan disini ada banyak kolej, yang utamanya ada 6 which is berada dekat dengan fakultas yang ada, dan yang lainnya berada jauh dari fakultas dan punya nama yang sampai sekarang belum gue hapal.

Selasa

Kelas dimulai jam 8 Malaysia which is jam 7 Indonesia, kesetanan, ini kelas masih subuh banget! dan kelas pun dibuka dengan matkul "Academic English Skill" which is dosennya pun model standar, nothing happened here... as usual, nama Azam tetap belum ada juga  . dilanjutkan dengan matkul "Digital Logic" yang mana ini dosen keren banget, dia ngajar pake Bahasa Melayu! FYI, dosen disini pada make bahasa Inggris kalau ada siswa international di kelas, gue seneng-seneng aja, sebab bahasa melayu gue lancar adem ayem  . Dosen yang ngajar namanya "Cik Marina" dimana dia inih lucu! gue gabisa jelasin lucunya gimana, tapi yang jelas pasti nangkep kalau dia ngajarin mengenai kuliahnya, gomen ne~ ^^.


Istirahat sejam, jam kuliah hari selasa padat pake banget, dua jam masuk, sejam istirahat, ulangi dua kali lagi, ruar binasa.

Terakhir masuk matkul programming, seperti hari senin, dan kali ini dengan ajaibnya dosen gue ngasi tutorial which is sekelas ga tau apa2 mengenai programming, ya ngasal2 aja dah ampe nemu kebenaran mengenai programming, setelah tutorial, fakta mengejutkan, sesuatu yang entah mengapa begitu merubah mood.

"Saye sebenarnye nak ngasi tutorial ni di week 5 *minggu ke lima* "

WTF, keren, keren pake banget, tapi hasilnya? KAMI JADI PUNYA PROGRAMMING BASIC. Applause Encik Jumail, you've done something awesome!.

Lanjut ke part 2 ya.... capek juga ngetik pas hari libur

2 komentar:

  1. kereen. jadi pingin balik kuliah di malay, di sini dosen banyak disembunyiin hantu. pada hilang semua. WTF!

    BalasHapus
  2. part 2 nya, mana? ditunggu ya :))

    BalasHapus